7 Bahasa Pemrograman Terbaik di Tahun 2020


Kini banyak orang-orang Indonesia sudah mulai mengenal tentang apa itu pemrograman, bahkan menteri pendidikan kita yang baru Bapak Nadiem Makarim.

Beliau berpendapat sebaiknya, pelajaran TIK di setiap sekolah diganti materi menjadi materi tentang pelajaran pemrograman.

Untuk pemula dalam dunia pemrograman, dilema terbesar adalah memutuskan dimana untuk memulai atau bahasa pemrograman paling populer mana yang bagus dikuasai untuk manfaat karier.

Terkadang, Programmer profesional juga menghadapi situasi di mana belajar bahasa pemrograman baru tampaknya lebih bermanfaat.

Menjadi seorang Programmer bukan sekedar kita paham koding saja. Ada banyak hal lain yang harus kita pertimbangkan saat kita menjadi seorang programmer, dan tentunya profesi ini menuntut seseorang untuk harus terus menerus belajar sesuatu yang baru agar tetap menjadi seorang yang bernilai.

Pernahkah kalian tahu bahasa apa yang digunakan oleh perusahaan Bukalapak, Tokopedia, Gojek, dsb.

Semua pasti menggunakan bahasa pemrograman yang bermacam-macam. Tapi semua itu tidak di program oleh satu orang saja, melainkan oleh beberapa orang yang memang ahli di bahasa pemrograman tersebut.

Lalu apa saja bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari, dan dikuasai dan bagaimana cara memilihnya.

7 Bahasa Pemrograman Terbaik di Tahun 2020

Daftar berikut ini berisi 7 bahasa pemrograman paling populer dan kinerjanya dibandingkan dengan peringkat tahun lalu. Setelah itu, akan di jelaskan secara singkat.

1. Java

Java masih terus menduduki puncak tangga lagu bahasa pemrograman paling populer seperti yang terjadi setahun yang lalu.

Menurut data TIOBE, Java telah mengamankan posisi pertama dan kedua lebih dari bahasa lain selama sekitar beberapa dekade.

Sejumlah bersar perusahaan terkenal menggunakan Java untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi jadi jika Anda kebetulan mengenal Java, Anda pasti tidak perlu berjuang untuk mencari pekerjaan.

Alasan utama di balik popularitas Java adalah portabilitasnya, stabilitas, skalabilitas, dan komunitas pengguna yang besar.

Peluang Karir : Developer Web, Developer Aplikasi, Programmer EJB, Developer Perangkat Lunak, Penguji, dll.

2. C

Sebagai salah satu bahasa pemrograman tertua, C masih berdiri sebagai salah satu bahasa pemrograman teratas, berkat fitur portabillitas dan diadopsi awal oleh raksasa teknologi termasuk Microsoft, Oracle, dan Apple.

Ini dapat bekerja dengan hampir setiap sistem dan sangat cocok untuk sistem operasi dan Embedded System.

Karena memiliki runtime yang relatif kecil, C membuat pilihan yang sempurna untuk menjaga sistem seperti ramping. Sangat direkomendasikan untuk pemula, C pada dasarnya adalah bahasa universal dari bahasa pemrograman dan telah melahirkan spin-off seperti C++ dan C# yang juga cukup populer.

Peluang Karir : Developer Perangkat Lunak, Developer Aplikasi, Penguji, dll.

3. C++

Bahasa pemrograman berorientasi objek ini dikembangkan pada 1980-an dan masih ditemukan di banyak sistem dari aplikasi web desktop hingga infrastruktur server.

C++ masih tetap diminati karena fleksibilitas, kinerja, dan berbagai konteks tempat Anda dapat menggunakannya.

Karir di C++ biasanya melibatkan pengembangan aplikasi desktop yang berfokus pada tugas-tugas yang intensif kinerja.

Penguasaan C++ dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana bahasa pemrograman dan membantu dalam memperoleh keterampilan manipulasi memori tingkat rendah.

Peluang Karir : Sistem Operasi Kompiler, Mesin Basis Data, Industri Game, Platform Keuangan, Embedded System.

4. Python 

15 tahun terakhir telah melihat pertumbuhan yang satabil dalam popularitas Python.

Tahun ini juga, Python telah melihat kenaikan signifikan dalam indeks dan dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer.

Itu telah mampu mengamankan tempat di 5 teratas indeks TIOBE selama beberapa tahun terakhir.

Sebagai bahasa utama dibalik beberapa teknologi yang paling menjanjikan, saat ini seperti AI, Machine Learning, Big Data, dan Robotika.

Python telah mengumpulkan banyak penggemar dalam beberapa tahun terakhir.

Anda akan terkejut dengan mengetahui betapa mudahnya mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini, dan ini adalah alasan mengapa banyak pengembang berpengalaman memilih Python sebagai bahasa kedua atau ketiga mereka.

Peluang Karir : Software Engineer, Software Developer, Web Developer, Quality Assurance Engineer, Data Science.

5. Visual Basic .NET

Visual Basic .NET terus memegang posisi keenam seperti tahun lalu dalam daftar bahasa pemrograman paling  populer untuk 2019.

Ini adalah salah satu bahasa OOP  Microsoft yang menggabungkan kekuatan berbasisi kelas .NET Framework dan lingkungan run-time.

Berasal dari VB6, itu terkenal untuk pengembangan aplikasi GUI membuat tugas lebih mudah bagi Programmer dan meningkatkan produktivitas.

Untuk para Codingers, VB .NET menawarkan cara cepat dan mudah untuk membuat aplikasi desktop untuk platform Windows serta layanan web dan pengembangan web.

Peluang Karir : Senior Engineer, Software Developer, DevOps Engineer, QA Automation Engineer.

6. C#

C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang modern yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menyaingi Java, yang banyak digunakan oleh pengembang perangkat lunak bisnis pada waktu itu.

Itu dirancang untuk mengembangkan aplikasi pada platform Microsoft dan membutuhkan .NET  framework pada Windows untuk bekerja.

Anda dapat menggunakan C# untuk mengembangkan hampir semua hal tetapi sangat kuat dalam hal aplikasi desktop Windows dan pengembangan game.

Namun, C# telah mengalami penurunan popularitas yang konstan dalam dua tahun terkakhir dan telah bergeser ke bawah satu posisi lagi tahun ini.

Peluang Karir : Developer Game, Application Engineer, dll.

7. JavaScript

JavaScript telah berhasil mangamankan posisi ketujuh dalam daftar untuk kedua  kalinya di antara bahasa pemrograman teratas.

Tetapi semua pengembang perangkat lunak saat ini menggunakan JavaScript dengan cara apapun.

Digunakan bersama dengan HTML dan CSS, sangat penting untuk pengembangan web front-end yang membuat halaman web interaktif dan menampilkan konten secara dinamis kepada pengguna.

Lebih dari 90% situs web menggunakan bahasa ini dan ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah bagi para pemula.

Jadi, tidak akan ada kekurangan peluang jika Anda menguasai JavaScript.

Namun, Anda perlu mempelajari bahasa dan kerangka kerja pendukung lainnya unutk mengejar karir sebagai pengembang terdepan untuk pengembangan desktop, aplikasi seluler, atau game.

Peluang Karir : Developer Web, Developer Software, Developer Aplikasi, UI Engineer / UX.

Dari beberapa list bahasa pemrograman yang saya sarankan, kalian bisa pilih salah satu saja ya untuk dikuasai, 2 boleh tapi jarang banget orang yang bisa benar-benar paham di 2 bahasa pemrograman.

Saya tidak menyarankan kalian semua mempelajari bahasa pemrograman terpopuler karena belum ada kepastian akan banyak dipakai di Indonesia, percuma kan..?

Saran saya dalam menguasai bahasa pemrograman pilihlah sesuai kemampuan dan kebutuhan kalian.

Ingat semua ada porsinya masing-masing, jika kalian memaksa ingin menguasai semua bahasa silahkan, tapi tidak saya anjurkan.

Bahkan ketika Anda merasa Anda sudah bosan dengan satu bahasa pemrograman saya masih bisa menjamin ada sesuatu yang belum Anda pelajari dibahasa pemrograman tersebut, dan itu semua akan terjawab sesuai pengalaman dan studi kasus yang kalian miliki.

Apabila kalian sudah paham terhadap satu bahasa untuk mempelajari bahasa yang lain cukup sangat mudah, tidak perlu sampai berbulan-bulan kecuali jika memang benar-benar ingin pindah haluan dan penguasaan.

Karena setiap bahasa pemrograman memiliki konsep yang sama. Jika kalian dasar pemrograman nya sudah baik dalam artian memiliki pondasi yang kokoh, saya rasa pindah bahasa bukanlah sebuah masalah.

loading...

Dan Kini, Sudah Waktunya Anda Ngoding!

Jadi ini menyimpulkan daftar bahasa pemrograman paling populer yang harus Anda pelajari pada tahun 2019.

Saya harap peringkat bahasa pemrograman dalam artikel ini membantu Anda memilih jalur karir bahasa yang tepat berdasarkan minat Anda dan jenis pengembangan perangkat lunak yang ingin Anda nikmati.

Karena setiap bahasa memiliki pro dan kontra, luangkan waktu Anda untuk menimbang setiap opsi dan pilih yang sesuai.

Lebih penting lagi, pastikan Anda memahami dengan baik atas bahasa yang Anda pilih untuk pemrograman.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat..

Post a Comment

0 Comments

Postingan populer

Cara Menyadap WA Mudah Dengan Browser